Sunday, August 16, 2015

12:30:00 PM
Kata Pengantar

Assalamu’alaikum Wr.Wb
            Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas berkat rahmat dan hidayahNya, sehingga saya selaku penyusun makalah ini diberi kekuatan dan kemampuan dalam menyelesaikan makalah yang berjudul “Bahaya Jajan Sembarangan “. Makalah ini dibuat untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Bimbingan Konseling. Ucapan terima kasih kepada pihak pihak yang membantu kelancaran terselesaikannya makalah ini.
            Semoga amal baik yang telah diberikan oleh semua pihak mendapatkan imbalan pahala dari Allah SWT. Saya berharap semoga apa yang di tulis di dalam makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.
Wasalamua’alaikum Wr.Wb


                                                                                                Medan, 20 November 2014




                                                                                                               Penyusun



  
BAB I

PENDAHULUAN


A.    Latar belakang

     Jajan,mungkin yang kita ketahui jajan adalah sejenis makanan ringan. Makanan ringan ini memang banyak diminati oleh orang dewasa maupun anak-anak. Tapi sebagian besar anak-anak lebih banyak menyukai makanan ini karena mereka merasa tertarik dengan bentuknya yang menarik, Beraneka ragam dan rasanya yang enak. Makanan ringan ini sering kita jumpai di depan sekolah SD, SMP, SMA, toko-toko, atau pun di supermarket terdekat.

     Namun tahukah anda bahwa makanan ringan ini tidak sepenuhnya makanan yang bergizi Zat-zat yang terkandung dalam makanan ringan ini banyak yang berbahaya bagi kesehatan.

    Jadi,kali ini penulis ingin membahas tentang cakupan anak-anak yang lebih suka makan-makanan sembarangan di sekolah serta bagaimana pencegahan dan penerapan pola makan sehat.


A.    Rumusan Masalah

1.      Apa yang dimaksud dengan makanan jajanan?
2.      Fungsi makanan jajanan bagi anak sekolah?
3.      Bagaimana upaya pencegahan bahaya makanan jajanan sembarangan untuk anak sekolah?


B.     Tujuan

1.      Agar anak sekolah memahami bahaya makanan jajanan sembarangan
2.      Agar anak sekolah dapat mencegah bahaya yang terdapat pada jajanan sembarangan
3.      Agar anak sekolah dapat menerapkan pola makan sehat




BAB II
 PEMBAHASAN


1. DEFINISI MAKANAN JAJANAN
Makanan jajanan merupakan campuran dari berbagai bahan makanan yang di analisis secara bersamaan dalam bentuk olahan (I DEWA NYOMAN SUPARIASA DKK 2001:108)
Sedangkan menurut FAO makanan jajanan didefinisikan sebagai makanan dan minuman yang di persiapkan dan atau di jual oleh pedagang kaki lima di jalanan dan ditempat-tempat keramaian yang langsung di makan atau konsumsi tanpa pengolahn atau persiapan lebih lanjut .
Menurut Peraturan Pemerintah No.28 Tahun 2004 mendefinisikan pangan siap saji sebagai makanan dan atau minuman yang sudah diolah dan siap untuk langsung disajikan ditempat usaha atau di luar tempat usaha sesuai pesanan.

2. JENIS MAKANAN JAJANAN
Jenis makanan menurut winarno dan mulyati(2003:22) di bagi menjadi 4 kelompok :1. makanan utama, seperti rames, nasi pecel, bakso, mie ayam dll
2. sneck atau penganan, seperti kue-kue, onde-onde, pisang goreng, dll
3. golongan minuman seperti cendol, es teh, dawet, es cream, dll
4. buah-buahan
Fungsi makanan jajanan
Jajanan bagi anak sekolah dapat berfungsi sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan energi karena aktivitas fisik yang tinggi ( apalagi anak yang tidak sarapan pagi ). Disamping itu juga makanan jajanan dapat mengenyangkan perut untuk sementara.

3. BAHAYA JAJANAN MAKANAN1. Jajanan yang dijual di pinggir jalan dapat tercemar oleh timbal (Pb) yang berasal dari sisa pembakaran atau asap kendaraan bermotor. Keracunan Pb kronik ditandai dengan depresi, sakit kepala, sulit berkonsentrasi, daya ingat terganggu, dan sulit tidur. Gejala yang timbul mual, muntah, sakit perut hebat, kelainan fungsi otak, anemia berat, kerusakan ginjal, bahkan kematian dapat terjadi dalam waktu 1-2 hari.

2. Makanan yang tidak bersih dapat tercemar bakteri E-coli. Gangguan yang disebabkan oleh bakteri ini adalah sakit perut, diare, dan gangguan pencernaan lainnya.

3. Jajanan yang menggunakan formalin dan boraks dapat mengakibatkan gangguan pencernaan, seperti sakit perut akut, muntah-muntah, depresi sistem syaraf, serta kegagalan peredaran darah. Formalin dan boraks biasanya digunakan untuk pengawet mayat, pembasmi kecoa, dan penghilang bau. Dalam dosis tinggi, formalin menyebabkan kejang-kejang, tidak bisa kencing, muntah darah, kerusakan ginjal, bahkan kematian.

4. Jajanan dengan pewarna rhodamin dapat mengakibatkan gangguan fungsi hati.

5. Jajanan yang mengandung vetsin (Mono sodium glutamat/MSG) dapat menyebabkan sindrom restoran china (BKKBN, 2005:internet).

4. PENCEGAHAN
o Benar juga apa yang sering dikatakan oleh orang tua kita dulu, breakfast is the most important meal of the day. Sarapan pagi adalah makanan yang paling penting dalam aktivitas harian. Begitu pula pada anak-anak sekolah, sebab waktu sekolah penuh dengan aktifitas yang membutuhkan energi dan kalori yang cukup besar. Dengan mengkonsumsi 2 potong roti dan telur atau satu porsi bubur ayam. Atau bisa juga satu gelas susu dan buah, anak-anak akan mendapatkan kalori yang cukup untuk aktivitas awal hari mereka.

o Sebagai upaya agar anak-anak tidak sembarangan membeli jajanan, mungkin perlu dipikirkan usaha dimana sekolah berusaha memberikan atau memfasilitasi pemberian makanan ringan atau makan siang di lingkungan sekolah. Orang tua juga bisa membekali makanan dari rumah, agar terjamin kebersihannya. Hal ini dilakukan untuk mencegah dan menjamin supaya anak tidak sembarangan membeli jajanan.

5. PENERAPAN POLA MAKAN SEHATo Minum air putih 6- 8 gelas/hari
o Makan 3x/hari
o Pilih makanan atau hidangan dengan kadar lemak rendah.
o Perbanyak makan buah dan sayuran
o Konsumsi fast food max.2x/bulan
o Makan malam tepat waktu


BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN :
   Dari uraian diatas dapat diketahui bahwa sebaiknya anak-anak sekolah harus berhati-hati dalam memilih makanan di sekolah.Pastikan itu terjaga kebersihannya dan mengandung gizi yang cukup. Karena penjual jajanan keliling tidak hanya di desa tetapi di kota juga ada,maka Ibu-ibu harus membekali anaknya dengan makanan dari rumah yang pastinya kualitas dan kandungan gizinya cukup buat anak.Ibu-ibu sebaiknya juga memberi arahan atas apa yang akan dimakan anak di sekolah.

SARAN :
  Setelah membaca karya tulis ilmiah ini,disarankan bahwa Ibu-ibu harus lebih mengajari anak-anaknya tentang makanan yang baik untuk dikonsumsi,dan makanan yang tidak dikonsumsi.Atau mungkin sebaiknya Ibu membekalinya dengan makanan yang sudah disajikan di rumah untuk dibawa anak ke sekolah.



DAFTAR PUSTAKA


Heru,adi(1993).Kader kesehatan masyarakat.Jakarta:Buku Kedokteran EGC.
Wahab,Samak (1996). Ilmu kesehatan anak Nelson. Jakarta:Buku Kedokteran EGC.
  
Dan diambil dari artikel/sumber-sumber:
http://www.gizikia.depkes.go.id/archives/837
http://www.obatherbalalami.com/2011/12/bahaya-kandungan-jajanan-jalanan-bagi.html#.UaHVgFIhiUI
http://makanbuah.wordpress.com/tag/kandungan-zat-kimia-berbahaya-yang-terkandung-dalam-jajanan-anak/
http://www.lifebuoy.co.id/berita-sehat/health-alert/cegah-anak-sakit-karena-jajan-sembarangan/
http://esemejuteg.blogspot.com/2012/05/jangan-jajan-sembarangan-berbahaya.html

Popular Posts