Pages

Friday, October 23, 2015

RPP BAHASA INGGRIS VII/1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

 Satuan Pendidikan     : SMP

 Mata Pelajaran           : BAHASA INGGRIS

 Kelas / Semester       : VII/1

Alokasi Waktu                        : 1x 45 menit (1x pertemuan)

 Standar Kompetensi  : Berbicara

 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari. .    

  Kompetensi Dasar    :
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji.

Indikator                     :
·        Menggunakan tindak tutur berkenalan
·        Melakukan percakapan interpersonal
·        Menggunakan tindak tutur tawaran/undangan/ajakan
·        Menggunakan tindak tutur menyetujui ajakan/tawaran undangan dalam percakapan
·        Menggunakan tindak tutur membatalkan janji


Tujuan Pembelajaran:

Setelah kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1.  Merespon sapaan orang belum / sudah dikenal:
·         Menemukan dan memahami fungsi ungkapan sapaan ( greeting )
·         Mampu menyapa dan merespon sapaan orang lain
·         Memperkenalkan diri sendiri dan orang lain.

       Materi Pembelajaran
Mengungkapkan ekspresi Berkenalan:
A: Pleased to meet you
B: Pleased to meet you too!

 Dialog yang memuat ungkapan berkenalan
-          Excuse me. My name’s....
-          How do you do? My name is.....
-          Excuse me. I am........
-          Hello! I’m......
-          Hi! I’m.......
-          May I introduce myself........
-          First let me introduce myself.....
-          Allow me to introduce myself....
-          I’d like to introduce myself.......


Metode Pembelajaran :

Metode             : Ceramah, Diskusi, dialogue (performance)
Pendekatan      : Communicative Approach

 Kegiatan Pembelajar :
Pendahuluan :
·        Guru mengucapkan salam kemudian mengabsen Peserta didik.
·        Memberikan motivasi pada peserta didik.
·        Guru menjelas standar kompetensi dasar serta indikator yang akan dipelajari.


Kegiatan Inti
·        Mendengarkan contoh dialog yang dibaca guru
·        Menirukan ungkapan yang diucapkan guru
·        Merespon ungkapan –ungkapan berkenalan



Kegiatan Akhir
·        Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
·        Menyimpulkan materi pembelajaran
·        Menugaskan siswa  menggunakan ungkapan – ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang sesungguhnya.


Sumber Belajar
·        Internet
·        Kamus
·        Siswa
                            
.  Penilaian
a.  Teknik         : Merespon ungkapan/menggunakan ungkapan secara lisan dan tulis  
b.   Bentuk       : Pertanyaan lisan
c.   Instrument   :Give your responses orally based on the situations.

1.      You are a new students in the school, so introduce yourself to another student, what do you say?


       Rubrik Penilaian :
    

Kriteria

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan lancar.

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan tidak lancar.

Jika respon benar, ucapan benar, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.

Jika respon kurang tepat, ucapan salah, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.

Nilai

100

90

80

70



              




                    Mengetahui,                                                                         Medan,  Oktober  2015
                  Kepala Sekolah                                                                     Guru Mata Pelajaran




                (..........................)                                                                    (.............................)
                  NIP.                                                                                        NIP.
 kalau mau download versi dokumennya disini aja ea jangan kemana-mana.