RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : BAHASA INGGRIS
Kelas / Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 1x 45 menit (1x pertemuan)
Standar Kompetensi : Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari. .
Kompetensi Dasar :
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan
berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks
kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan,
bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan
membatalkan janji.
Indikator :
·
Menggunakan tindak tutur
berkenalan
·
Melakukan percakapan
interpersonal
·
Menggunakan tindak tutur
tawaran/undangan/ajakan
·
Menggunakan tindak tutur
menyetujui ajakan/tawaran undangan dalam percakapan
·
Menggunakan tindak tutur
membatalkan janji
Tujuan Pembelajaran:
Setelah kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1. Merespon sapaan orang belum / sudah dikenal:
· Menemukan dan memahami fungsi ungkapan sapaan ( greeting )
· Mampu menyapa dan merespon sapaan orang lain
· Memperkenalkan diri sendiri dan orang lain.
Materi Pembelajaran
Mengungkapkan ekspresi
Berkenalan:
A: Pleased to meet you
B: Pleased to meet you too!
Dialog yang
memuat ungkapan berkenalan
- Excuse me. My
name’s....
- How do you do?
My name is.....
- Excuse me. I
am........
- Hello!
I’m......
- Hi! I’m.......
- May I introduce
myself........
- First let me
introduce myself.....
- Allow me to
introduce myself....
- I’d like to
introduce myself.......
Metode Pembelajaran :
Metode :
Ceramah, Diskusi, dialogue (performance)
Pendekatan : Communicative
Approach
Kegiatan Pembelajar :
Pendahuluan :
·
Guru mengucapkan salam
kemudian mengabsen Peserta didik.
·
Memberikan motivasi pada
peserta didik.
·
Guru menjelas standar
kompetensi dasar serta indikator yang akan dipelajari.
Kegiatan Inti
·
Mendengarkan contoh dialog yang
dibaca guru
·
Menirukan ungkapan yang diucapkan guru
·
Merespon ungkapan –ungkapan berkenalan
Kegiatan Akhir
·
Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
·
Menyimpulkan materi pembelajaran
·
Menugaskan siswa
menggunakan ungkapan – ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang sesungguhnya.
Sumber Belajar
·
Internet
·
Kamus
·
Siswa
. Penilaian
a. Teknik : Merespon ungkapan/menggunakan ungkapan secara lisan dan tulis
b. Bentuk : Pertanyaan lisan
c. Instrument :Give your responses orally based on the situations.
1. You are a new
students in the school, so introduce yourself to another student, what do you
say?
Rubrik Penilaian :
Kriteria
|
Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan lancar.
|
Jika respon benar, ucapan benar, intonasi benar, dan pengucapan tidak
lancar.
|
Jika respon benar, ucapan benar, intonasi salah, dan pengucapan tidak
lancar.
|
Jika respon kurang tepat, ucapan salah, intonasi salah, dan pengucapan
tidak lancar.
|
Nilai
|
100
|
90
|
80
|
70
|
Mengetahui,
Medan, Oktober 2015
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
(..........................) (.............................)
NIP. NIP.
kalau mau download versi dokumennya disini aja ea jangan kemana-mana.