Friday, April 01, 2016

6:05:00 PM


Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran       : Ekonomi
Kelas/Semester      : X / Genap
Pertemuan Ke        :
Alokasi Waktu        :

     A.    KOMPETENSI INTI (KI)

1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, ( Gotong royong kerja sama, toleran, damai ), santun, responsifdan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai masalah dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosialdan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia .
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis, pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humanioradengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan keberadaban terkait penyebab fenomena . dan kejadian, serta menerapkan pengetahuaan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri , dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuaan.

     B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1. Mensyukuri sumber daya sebagai karunia tuhan YME dalam rangka pemenuhan kebutuhan.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, kerja keras, sederhana, mandiri, adil, berani, peduli, dalam melakukan kegiatan ekonomi.
3.5.Mendeskripsikan bank, lembaga keuangan bukan bank, OJK dan Bank, Otoritas jasa keuangan (OJK) dan bank sentral.

Indikator :
1.      Mengklasifikasikan lembaga keuangan bukan Bank
2.      Kemampuan dalam diskusi tentang fungsi, tugas wewenang Bank indonesia sebagai Bank sentral.
4.5.Menyajikan peran dan produk bank, lembaga keuangan bukan bank, otoritasjasa keuangan (OJK) dan bank sentral.

Indikator :
1.      Mencari Informasi dan data yang relevan tentang otoritas jasa keuangan (OJK)
2.      Mengklasifikasikan fungsi, tugas, dan wewenang OJK.

     C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan kegiatan pembelajaran berdasarkan masalah dan pembelajaran model. Problem based Learning dalam pembelajaran otoritas jasa keuangan (OJK) ini diharapkan peserta didik terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan tanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat :

1.      Mengklasifikasikan lembaga keuangan bukan Bank
2.      Kemampuan dalam diskusi tentang fungsi, tugas wewenang Bank indonesia sebagai Bank sentral
3.      Mencari Informasi dan data yang relevan tentang otoritas jasa keuangan (OJK)
4.      Mengklasifikasikan fungsi, tugas, dan wewenang OJK.

     D.    MATERI PEMBELAJARAN
Pengertian, Fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank :

1.      Pengertian Lembaga Keuangan  Bukan Bank adalah Badan usaha yang bergerak di bidang keuangan, yang secara langsung atau tidak langsung, menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat, Lembaga keuangan bukan bank tidak diijinkan untuk menghimpun dana dalam bentuk tabungan.
2.      Fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank yaitu mempunyai fungsi di bidang keuangan, Lembaga ini secara langsung atau tidak langsung menghimpun dana terutama dengan jalan mengeluarkan kertas berharga dan menyalurkan dalam masyarakat terutama guna membiayai investasi perusahaan.
            Tugas dan Wewenang Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia :
1.      Tugas Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia adalah :
a.       Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter.
b.      Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran.
2.      Wewenang Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia yaitu :
1.      Menetapkan sasaran-sasaran moneter dengan memperhatikan sasaran laju inflasi.
2.      Melakukan pengendalian moneter dengan menggunakan cara-cara yang termasuk tetapi tidak terbatas pada :
a.       Operasi pasar terbuka di pasar uang baik rupiah maupun Valuta Asing,
b.      Penetapan tingkat diskonto,
c.       Penetapan cadangan wajib minimum, dan
d.      Pengaturan kredit atau pembiayaan.

     E.     METODE PEMBELAJARAN

a.       Pendekatan Pembelajaran :    Pendekatan Saintifik (Scientific)
b.      Metode Pembelajaran        :    Diskusi Kelompok, Penugasan
c.       Model Pembelajaran         :     Problem Based Learning (PBL)

      F.      MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN

1.      Media                    :           Slide PPT Fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank.
2.      Alat / Bahan          :           Peta Konsep, Lembar Kegiatan, Infocus, Laptop.
3.      Sumber Belajar     :          

·         Alam S. 2013. Ekonomi untuk SMA kelas X. Jakarta : ESIS the innovative     learning.
·         Sudremi, Yuliana. 2007. Pengetahuan Sosial Ekonomi. Jakarta: Bumi Aksara.
G. LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu






Kegiatan Awal
Apersepsi :
A.    Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran; ( Berdoa, Absensi, Menanyakan peserta didik )
B.     Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah di pelajari dan terkait dengan materi yang akan di pelajari yaitu Bank  Sental dan Otoritas Jasa Keuangan ( OJK )
C.     Guru mengantarkan pesrta didik kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk mempelajari suatu materi dan menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan di capai; dan
D.    Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik kegiatan pembelajaran model Problem Based Learning ( PBL )






15 Menit








Kegiatan Inti
A.    Mengamati ( Observing )
    Guru menyampaikan slide gambar terkain dengan jenis-jenis Bank Sentral dan Otoritas Jasa Keuangan yang sering dijumpai peserta didik
    Guru membagikan lembaran kegiatan yang berissi tugas-tugas yang harus dipelajari oleh tiap-tiap pesrta didik dalam satu kelompok
     Setelah menerima kegiatan yang berisi permaslahan-permasalahan yang berkaitan dengan konsep materi dan klasifikasinya, peserta didik mempelajarinya dalam kelompok kecil (4 siswa) yaitu mendiskusikan masalah tersebut bersama-sama anggota kelompoknya.

B.     Mengasosiasikan ( Associating )
     Setelah menerima lembar kegiatan yang berisi permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan konsep materi dan klasifikasinya, peserta didik mempelajarinya dalam kelompok kecil ( 4 siswa ) yaitu mendiskusikan masalah tersebut bersama-sama anggota kelompoknya.

C.     Menanya ( Questioning ) dan Mengumpulkan Informasi
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari informasi lebih lanjut tentang hal yang berkaitan dengan materi tayangan atau materi pelajaran
·         2 dari 4 kelompok meninggalkan kelompoknya dan bertamu kekelompok lain, sementara 2 anggota yang  tinggal dalam kelompok bertugas menyampaikan hasil kerja dan informasi mereka ke tamu.
·         Peserta didik mencari dan mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan materi dari buku-buku refrensi, browsing internet, narasumber atau sumber-sumber lain.

D.    Mengkonsumsi hasil ( communicating )
·         Setelah memperoleh dari 2 anggota yang tinggal, tamu mohon diri dan kembali ke kelompok masing-masing dan melaporkan temuannya serta mencocokkan dan membahas hasil-hasilkerja mereka.
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan / mempersentasikan hasil dari mengumpulkan informasi.
·         Peserta didik menyampaikan/ mempersentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas dan peserta didik yang lain mengajukan pertanyaan.










100 Menit






Penutup
A.    Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan tentang Bank Sentral dan Otoritas Jasa Keuangan

B.     Guru bersama peserta didik melakukan refleksi diri atas pembelajaran yang di lakukan

C.     Guru memberikan tugas secara individu untuk mencari sumber atau bahan belajar dari internet atau sumber lainnya yang berkaitan dengan materi

D.    Guru mengajukan pertanyaan secara lisan untuk mengetahui kemampuan  pengetahuan yang di peroleh peserta didik.

E.     Guru dan peserta didik melakukan kegiatan refleksi atas kegiatan pembelajaran yang telah di lakukan






20 Menit


Soal Uji Kompetensi :
Jawablah Pertanyaan ini dengan jelas dan benar !

1.      Tuliskan pengertian Lembaga Keuangan Bukan Bank !
2.      Tuliskan Pengertian Bank Perkreditan Rakyat (BPR) !
3.      Sebutkan tugas-tugas Bank !
4.      Tuliskan Jenis Lembaga Keuangan Bukan Bank !
5.      Jelaskan Fungsi Lembaga keuangan Bukan Bank !
6.      Sebutkan Beberapa Jenis Kredit !
7.      Tuliskan beberapa Jenis Bank !
8.      Tuliskan beberapa  Fungsi Bank !
9.      Tuliskan Pengertian Giro !
10.  Tuliskan beberapa Jasa-Jasa Perbankan !
Pembahasan :
1.      Lembaga Keuangan Bukan Bank adalah Badan usaha yang bergerak di bidang keuangan yang secara langsung atau tidak langsung menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat.
2.      Bank Perkreditan Rakyat (BPR) adalah Bank yang menerima simpanan dari masyarakat hanya dalam bentuk deposito berjangka, tabungan, atau bentuk lainnya dan memberikan pinjaman kepada masyarakat.
3.      Tugas-tugas Bank :
4.       - Menghimpun dana dari masyarakat.
- Penyalur dana ke masyarakat.
- Pelayan masyarakat
4.    Jenis Lembaga Keuangan Bukan Bank yaitu :
   - Lembaga pembiayaan pembangunan dan lembaga perantara penerbitan serta perdagangan surat berharga.
- Asuransi
- Leasing (Sewa guna usaha)
5.   Fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank adalah Mempunyai fungsi di bidang keuangan lembaga ini secara langsung atau tidak langsung menghimpun dana teruta dengan jalan mengeluarkan kertas berharga dan menyalurkan dalam masyarakat terutama guna membiayai perusahaan.
6.   Beberapa Jenis Kredit:
      - Jenis kredit berdasarkan sumber kredit
      - Jenis kredit berdasarkan tujuan penggunaan
      - Jenis kredit berdasarkan ada tidaknya jaminan
      - Jenis kredit berdasarkan jangka waktu pemberian kredit
7.   Beberapa Jenis Bank :
      - Bank Sentral
      - Bank Umum
      - Bank Syariah
      - Bank Perkreditan Rakyat(BPR)

8.   Fungsi Bank :
      Sebagai lembaga perantara keuangan (financial intermediary).
9.   Giro adalah Simpanan atau tabungan dari nasabah di bank yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran.
10. Jasa-jasa perbankan :
      - Jual beli Valuta Asing
      - Jasa penyimpanan
      - Pengiriman atau transfer uang
      - Pemberian jaminan
      - Kartu kredit
      - Cek perjalanan
      - Inkaso
      - ATM
      - Kartu debit



                                                                 Medan, 04 Februari 2016
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                       Guru Mata Pelajaran




(……………………)                                               (…………………………..)





G. LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu






Kegiatan Awal
Apersepsi :
E.     Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran; ( Berdoa, Absensi, Menanyakan peserta didik )
F.      Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah di pelajari dan terkait dengan materi yang akan di pelajari yaitu Bank  Sental dan Otoritas Jasa Keuangan ( OJK )
G.    Guru mengantarkan pesrta didik kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk mempelajari suatu materi dan menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan di capai; dan
H.    Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik kegiatan pembelajaran model Problem Based Learning ( PBL )






15 Menit








Kegiatan Inti
E.     Mengamati ( Observing )
    Guru menyampaikan slide gambar terkain dengan jenis-jenis Bank Sentral dan Otoritas Jasa Keuangan yang sering dijumpai peserta didik
    Guru membagikan lembaran kegiatan yang berissi tugas-tugas yang harus dipelajari oleh tiap-tiap pesrta didik dalam satu kelompok
     Setelah menerima kegiatan yang berisi permaslahan-permasalahan yang berkaitan dengan konsep materi dan klasifikasinya, peserta didik mempelajarinya dalam kelompok kecil (4 siswa) yaitu mendiskusikan masalah tersebut bersama-sama anggota kelompoknya.

F.      Mengasosiasikan ( Associating )
     Setelah menerima lembar kegiatan yang berisi permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan konsep materi dan klasifikasinya, peserta didik mempelajarinya dalam kelompok kecil ( 4 siswa ) yaitu mendiskusikan masalah tersebut bersama-sama anggota kelompoknya.



G.    Menanya ( Questioning ) dan Mengumpulkan Informasi
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari informasi lebih lanjut tentang hal yang berkaitan dengan materi tayangan atau materi pelajaran
·         2 dari 4 kelompok meninggalkan kelompoknya dan bertamu kekelompok lain, sementara 2 anggota yang  tinggal dalam kelompok bertugas menyampaikan hasil kerja dan informasi mereka ke tamu.
·         Peserta didik mencari dan mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan materi dari buku-buku refrensi, browsing internet, narasumber atau sumber-sumber lain.

H.    Mengkonsumsi hasil ( communicating )
·         Setelah memperoleh dari 2 anggota yang tinggal, tamu mohon diri dan kembali ke kelompok masing-masing dan melaporkan temuannya serta mencocokkan dan membahas hasil-hasilkerja mereka.
·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan / mempersentsikan hasil dari mengumpulkan informasi.
·         Peserta didik menyampaikan  / mempersentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas dan peserta didik yang lain mengajukan pertanyaan.










100 Menit






Penutup
F.      Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan tentang Bank Sentral dan Otoritas Jasa Keuangan

G.    Guru bersama peserta didik melakukan refleksi diri atas pembelajaran yang di lakukan

H.    Guru memberikan tugas secara individu untuk mencari sumber atau bahan belajar dari internet atau sumber lainnya yang berkaitan dengan materi

I.        Guru mengajukan pertanyaan secara lisan untuk mengetahui kemampuan  pengetahuan yang di peroleh peserta didik.

J.       Guru dan peserta didik melakukan kegiatan refleksi atas kegiatan pembelajaran yang telah di lakukan






20 Menit


Instrumen dan Pedoman Penskoran
a.      Lembar Observasi Sikap Spiritual :
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilh tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4   =    Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3   =    Sering, apabila sering melalukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang        tidak melakukan
2   =    Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak           melakukan
1   =    Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan 

Nama Peserta Didik   : ...................................
Kelas                          : ...................................
Tanggal Pengamatan : ....................................

No
Aspek Pengamatan
1
2
3
4
Keterangan
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu





2
Mengucapkan rasa syukur  atas karunia Tuhan sesuai agama masing-masing





3
Memberi salam sesuai agama masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi





4
Mengucapkan keagungan Tuhan apabila melihat kebesaranTuhan sesuai agama masing-masing





5
Menambah rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan






Jumlah Skor






Petunjuk Penyekoran :
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali           :           apabila memperoleh skor 16-20
Baik                      :           apabila memperoleh skor 11-15
Cukup                  :           apabila memperoleh skor 6-10
Kurang                 :           apabila memperoleh skor 1-5

  
b. Lembar Pengamatan Sikap :

Mata Pelajaran        :               Ekonomi
Kelas/Semester      :               x / Genap
Tahun Pelajaran      :               2016/2017
Materi Pokok           :               Bank sentral dan otoritas jasa keuangan
Waktu                         :               Proses PBM

Bubuhkan tanda ceklis pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Sikap
Aktif
Bekerjasama
Toleran


KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB























Keterangan :
KB   : Kurang Baik
B     : Baik
SB   : Sangat Baik

Indikator Sikap Aktif Dalam Pembelajaran Kegiatan Pelaku Ekonomi
1.      Kurang Baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pelajaran
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum konsisten
3.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus-menerus dan konsisten
Indikator Sikap Bekerja Sama Dalam Kegiatan Kelompok
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok
2.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tapi masih belum konsisten
3.      Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus-menerus dan konsisten
Indikator Sikap Toleran Terhadap Proses  Pemecahan maslah yang berbeda dan  kreatif
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda kreatif
2.      Baik jika menunjukkan  sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah  yang berbeda dan kreatif tetapi masih belum konsisten
3.      Sangat baikjika menunjukkan  sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan konsisten

  

Popular Posts