Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SMA Negeri ................
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XI/1 (satu)
Pertemuan Ke- : 1
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran ( 2 × 45 menit)
Kompetensi
Dasar : Membedakan
konsep energi, usaha dan daya serta mampu mencari hubungan antara usaha dan perubahan energi.
Indikator
: Memformulasikan hubungan antara gaya,
energi, usaha, dan daya ke dalam bentuk persamaan.
I.
Tujuan Pembelajaran
·
Siswa dapat menjelaskan
pengertian usaha.
·
Siswa dapat merumuskan
besar usaha yang dilakukan oleh suatu gaya.
·
Siswa dapat
menginterpretasikan berapa besarnya usaha yang dilakukan.
·
oleh gaya sama dengan
perubahan energi kinetik yang terjadi pada benda.
II.
Materi Ajar
Usaha dan Energi
III.
Model dan Metode Pembelajaran
·
Model Pembelajaran
Kooperatif
·
Metode Pembelajaran
STAD
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Awal
·
Guru membuka pelajaran
dan mengawalinya dengan memberikan kuis tentang usaha dan energi.
Kegiatan Inti
·
Guru membentuk kelompok
yang anggotanya 4-5 orang secara heterogen.
·
Guru menyajikan materi
pelajaran, murid mendengarkan dan memahami materi yang diajarkan.
·
Guru memberikan tugas
kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok.
·
Guru mengawasi
berlangsungnya diskusi.
·
Guru memberi kuis atau
pertanyaan kepada seluruh peserta didik. Pada saat menjawab kuis tidak boleh
saling membantu.
·
Memberi evaluasi
Kegiatan Akhir
·
Guru mengakhiri
pelajaran dengan menyimpulkan dan memberi penekanan pada materi usaha dan
energi yang diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, dan
tugas membaca serta memahami materi berikutnya.
V. Sumber Belajar
Buku Fisika SMA
untuk kelas XI (Phibeta)
Internet
VI. Penilaian
Kuis tertulis
Contoh Soal Kuis
1. Satuan usaha dalam SI adalah ....
2. Usaha adalah hasil kali gaya (searah
perpindahan) dengan perpindahan. Benar atau salah?
3. Energi kinetik dirumuskan sebagai
....
4. Usaha merupakan perubahan energi
kinetik suatu benda. Benar atau salah?
5. Besar usaha sebuah peluru yang
ditembakkan vertikal ke atas sampai titik tertinggi adalah ....
6. Usaha merupakan besaran vektor. Benar
atau salah?
7.
Benda 1 kg bergerak dengan kecepatan 10 m/s, Kemudian kecepatan benda berubah menjadi 20
m/s. Dengan jarak tempuh benda adalah 15
m. Maka besar usaha yang dilakukan oleh
benda tersebut adalah ....
8. Usaha dapat bernilai posisitif atau
negatif. Benar atau salah?
Kunci Jawaban Kuis:
1. joule atau J 5.
mgh
2. benar 6.
salah
3. E = ½ mv2 7.
150 J
4. benar 8. Benar
Medan, 26 Februari 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah ...... Peneliti
–––––––––––––– –––––––––––––––––
NIP:
NIM/NPM :