RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran                 :   Fisika
Kelas/ Semester              :   XI/2
Pertemuan ke                   :   ke 1
Alokasi waktu                  :    2 x 45 menit (2 jampel)
Standar Kompetensi      : 3.   Menerapkan 
konsep termodinamika dalam mesin kalor
Kompetensi
Dasar          : 3.2
Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan 
menerapkan hukum 
termodinamika            
Indikator:
·        
Mendeskripsikan usaha, kalor, dan energi dalam
berdasarkan hukum utama termodinamika
·        
Menganalisis proses gas ideal berdasarkan grafik
tekanan-volume (P-V)
·        
Mendeskripsikan prinsip kerja mesin Carnot
Tujuan
Pembelajaran:
Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat:
·        
Mendeskripsikan usaha, kalor, dan energi dalam
berdasarkan hukum utama termodinamika.
·        
Menganalisis proses gas ideal berdasarkan grafik
tekanan-volume (P-V)
·        
Mendeskripsikan prinsip kerja mesin Carnot
Materi Ajar
(Materi Pokok)            :            Termodinamika
Metode
Pembelajaran:
1.         Ceramah
interaktif
2.         Demonstrasi
menggunakan media pembelajaran TIK.
3.         Diskusi
(tanya jawab)
Langkah-langkah  Pembelajaran: 
A. Kegiatan awal
1.  Guru dan siswa mereview ringkasan materi
sebelumnya : teori kinetik gas melalui diskusi (tanya jawab).
2.  Guru menyampaikan standar kompetensi,
kompetensi dasar, indikator, dan tujuan yang ingin dicapai serta materi yang
akan dibahas.
3.  Guru memberikan pendahuluan/apersepsi materi
Termodinamika.
B. Kegiatan Inti
1.         Guru
mendemonstrasikan mengarahkan siswa untuk mengamati  usaha, kalor, 
dan energi dalam berdasarkan
hukum utama termodinamika melalui demonstrasi 
dan diskusi
(tanya jawab).
2.         Siswa
mendeskkripsikan usaha, kalor, dan energi dalam berdasarkan hukum 
utama
termodinamika.
3.         Guru
mendemonstrasikan mengarahkan siswa untuk mengamati proses gas ideal 
berdasarkan grafik tekanan-volume
(P-V) melalui demonstrasi dan diskusi (tanya jawab).
4.         Siswa
mendeskripsikan proses gas ideal berdasarkan grafik tekanan-volume (P-V)
5.         Guru
mendemonstrasikan mengarahkan siswa untuk mengamati prinsip kerja 
mesin Carnot
melalui demonstrasi dan diskusi (tanya jawab).
6. Siswa mendeskripsikan prinsip kerja mesin Carnot.
C. Kegiatan penutup
1.  Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan
berupa ringkasan materi.
2.  Guru memberikan latihan soal (penugasan)
kepada siswa berbasis TIK.
Alat/Bahan dan
Sumber :
Alat/Bahan :
CD Interaktif, PC (komputer) dan LCD proyektor.
Sumber :
- Kamajaya. 2007. Buku Fisika Kelas XI Semester 2.
Jakarta: Grafindo
Penilaian :
Penilaian yang dilakukan meliputi diskusi kelas (tanya
jawab), dan uji tertulis.
Diskusi Kelas (Tanya Jawab)
| 
No. | 
Nama Siswa | 
Indikator
  Penilaian | 
Jumlah 
Skor | 
Nilai | |||
| 
A | 
B | 
C | 
D | ||||
| 
1. | 
X | 
4 | 
3 | 
3 | 
2 | 
12 | 
75 | 
| 
2. | 
Y | 
2 | 
3 | 
3 | 
2 | 
10 | 
62,5 | 
| 
3. |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
4. |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
5. |  |  |  |  |  |  |  | 
Keterangan Indikator Penilaian:
A : Partisipasi keaktifan bertanya.
B : Partisipasi keaktifan menjawab.
C : Partisipasi keaktifan berdiskusi.
D : Partisipasi keaktifan menyimpulkan hasil diskusi.
Keterangan skor penilaian:
4 : sangat aktif
3 : aktif
2 : cukup aktif
1 : kurang aktif
Uji  Tertulis (Penugasan)
Mengerjakan soal-soal obyektif yang diambil dari Media
Pembelajaran berbasis TIK.
