A.
LANGKAH-LANGKAH
PENYUSUNAN RPP
Langkah-langkah minimal dari penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),
dimulai dari mencantumkan Identitas RPP, Tujuan Pembelajaran, Materi
Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran,
Sumber Belajar, dan Penilaian. Setiap komponen mempunyai arah pengembangan
masing-masing, namun semua merupakan suatu kesatuan.
Penjelasan tiap-tiap komponen adalah sebagai
berikut.
- 1. Mencantumkan Identitas
Terdiri
dari: Nama sekolah, Mata Pelajaran, Kelas, Semester, Standar Kompetensi,
Kompetensi Dasar, Indikator dan Alokasi Waktu.
Hal yang
perlu diperhatikan adalah:
1.
RPP
boleh disusun untuk satu Kompetensi Dasar.
- Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator
dikutip dari silabus. (Standar kompetensi – Kompetensi Dasar – Indikator
adalah suatu alur pikir yang saling terkait tidak dapat dipisahkan)
- Indikator merupakan:
1) Ciri perilaku (bukti terukur) yang dapat
memberikan gambaran bahwa peserta didik telah mencapai kompetensi dasar
2) Penanda pencapaian kompetensi
dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup
sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
3) Dikembangkan sesuai dengan
karakteristik peserta didik, satuan pendidikan, dan potensi daerah.
4) Rumusannya
menggunakan kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi.
5) Digunakan
sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.
- Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu
kompetensi dasar, dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan
(contoh: 2 x 35/40/45 menit). Karena itu, waktu untuk mencapai suatu
kompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam satu atau beberapa kali
pertemuan bergantung pada kompetensi dasarnya.
- 2. Merumuskan Tujuan
Pembelajaran
Output
(hasil langsung) dari satu paket kegiatan pembelajaran. Sebagai contoh : Kegiatan
pembelajaran: ”Mendapat informasi tentang sistem peredaran darah pada manusia”.
Maka tujuan pembelajaran, boleh salah satu atau keseluruhan tujuan
pembelajaran, misalnya peserta didik dapat:
1. Mendeskripsikan mekanisme peredaran
darah pada manusia.
- Menyebutkan bagian-bagian jantung.
- Merespon dengan baik pertanyaan-pertanyaan yang
diajukan oleh teman-teman sekelasnya.
- Mengulang kembali informasi tentang peredaran darah
yang telah disampaikan oleh guru.
Bila pembelajaran dilakukan lebih
dari 1 (satu) pertemuan, ada baiknya tujuan pembelajaran juga dibedakan menurut
waktu pertemuan, sehingga tiap pertemuan dapat memberikan hasil.
- 3. Menentukan Materi
Pembelajaran
Untuk memudahkan penetapan materi
pembelajaran, dapat diacu dari indikator.
Contoh: Indikator: Peserta didik
dapat menyebutkan ciri-ciri kehidupan.
Materi pembelajaran: ………………
Ciri-Ciri Kehidupan: Nutrisi,
bergerak, bereproduksi, transportasi, regulasi, iritabilitas, bernapas, dan
ekskresi.
- 4. Menentukan Metode
Pembelajaran
Metode
dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai
model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan
dan/atau strategi yang dipilih. Karena itu pada bagian ini cantumkan pendekatan
pembelajaran dan metode yang diintegrasikan dalam satu kegiatan pembelajaran
peserta didik:
- Pendekatan pembelajaran yang digunakan, misalnya:
pendekatan proses, kontekstual, pembelajaran langsung, pemecahan masalah,
dan sebagainya.
- Metode-metode yang digunakan, misalnya: ceramah,
inkuiri, observasi, tanya jawab, kooperativ learning, e-learning dan
sebagainya.
1.
5.
Menetapkan Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah
minimal yang harus dipenuhi pada setiap unsur kegiatan pembelajaran adalah
sebagai berikut: Kegiatan pendahuluan. (10% dari Total Alokasi Waktu ). Dalam
kegiatan pendahuluan, guru:
- Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran;
- Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
- Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar
yang akan dicapai;
- Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian
kegiatan sesuai dengan silabus.
Kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi). (75%
dari Total Alokasi Waktu)
EKSPLORASI
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Melibatkan siswa mencari informasi yang luas dan dalam
tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip
alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
- Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran dan sumber belajar lain;
- Memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta
antara siswa dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya;
- Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran; dan
- Memfasilitasi siswa melakukan percobaan di
laboratorium, studio atau lapangan.
ELABORASI
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam
melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
- Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi
dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun
tertulis;
- Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut;
- Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan
kolaboratif;
- Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar;
- Memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang
dilakukan baik lisan maupun tertulis secara individual maupun kelompok;
- Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja secara
individual maupun kelompok.
- Memfasilitasi siswa melakukan pameran, turnamen,
festival, serta produk yang dihasilkan;
- Memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri siswa.
KONFIRMASI
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam
bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa;
- memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan
elaborasi siswa melalui berbagai sumber;
- memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh
pengalaman belajar yang telah dilakukan;
- Memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman yang
bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
- Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
- Membantu menyelesaikan masalah;
- Memberi acuan agar siswa dapat melakukan pengecekan
hasil eksplorasi;
- Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh; dan
- Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum
berpartisipasi aktif.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
- Bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
- Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan
yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
- Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar siswa;
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
- Jawaban dibuktikan dengan melakukan observasi secara
acak, hasil supervisi kepala sekolah/madrasah, dan kesesuaian RPP dengan
pelaksanaan proses pembelajaran.
Catatan:
Langkah-langkah pembelajaran dimungkinkan disusun dalam
bentuk seluruh rangkaian kegiatan, sesuai dengan karakteristik model
pembelajaran yang dipilih, menggunakan urutan sintaks sesuai dengan modelnya.
Oleh karena itu, kegiatan pendahuluan/pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan
penutup tidak harus ada dalam setiap pertemuan.
- 6. Memilih Sumber Belajar
Pemilihan sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada
dalam silabus yang dikembangkan. Sumber belajar mencakup sumber rujukan,
lingkungan, media, narasumber, alat dan bahan. Sumber belajar dituliskan secara
lebih operasional, dan bisa langsung dinyatakan bahan ajar apa yang digunakan.
Misalnya, sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referensi, dalam RPP
harus dicantumkan bahan ajar yang sebenarnya. Jika menggunakan buku, maka harus
ditulis judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu. Jika
menggunakan bahan ajar berbasis ICT, maka harus ditulis nama file, folder
penyimpanan, dan bagian atau link file yang digunakan, atau alamat website yang
digunakan sebagai acuan pembelajaran.
- 7. Menentukan Penilaian
Penilaian dijabarkan atas:
- Teknik penilaian,
- Bentuk instrumen, dan
- Instrumen yang dipakai yang beris rubrik penilaian
B. Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
A. Identitas
Nama Sekolah
: ……………………………..
Mata Pelajaran
: ……………………………..
Kelas, Semester
: ……………………………..
Standar
Kompetensi :
……………………………..
Kompetensi Dasar
:
……………………………..
Indikator
: ……………………………..
Alokasi
Waktu
: ….. x … menit (… pertemuan)
B. Tujuan Pembelajaran
C. Materi Pembelajaran
D. Metode Pembelajaran
E. Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah :
Pertemuan 1
- Kegiatan Awal
- Kegiatan Inti
- Kegiatan Penutup
Pertemuan 2
- Kegiatan Awal
- Kegiatan Inti
- Kegiatan Penutup
Pertemuan 3.
dst
F. Sumber Belajar (Buku,
Bahan ajar dan Alat)
G. Penilaian (berisi teknik
penilaian , bentuk instrumen dan rubriks penilaian)