Tuesday, March 01, 2016

6:00:00 AM
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran                 :   Fisika
Kelas/ Semester              :   XI/2
Pertemuan ke                   :   ke 1
Alokasi waktu                  :    2 x 45 menit (2 jampel)
Standar Kompetensi      : 3.   Menerapkan  konsep termodinamika dalam mesin kalor
Kompetensi Dasar          : 3.2 Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan
menerapkan hukum  termodinamika           

Indikator:
·         Mendeskripsikan usaha, kalor, dan energi dalam berdasarkan hukum utama termodinamika
·         Menganalisis proses gas ideal berdasarkan grafik tekanan-volume (P-V)
·         Mendeskripsikan prinsip kerja mesin Carnot

Tujuan Pembelajaran:
Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat:
·         Mendeskripsikan usaha, kalor, dan energi dalam berdasarkan hukum utama termodinamika.
·         Menganalisis proses gas ideal berdasarkan grafik tekanan-volume (P-V)
·         Mendeskripsikan prinsip kerja mesin Carnot


Materi Ajar (Materi Pokok)            :           Termodinamika

Metode Pembelajaran:
1.         Ceramah interaktif
2.         Demonstrasi menggunakan media pembelajaran TIK.
3.         Diskusi (tanya jawab)

Langkah-langkah  Pembelajaran:

A. Kegiatan awal
1.  Guru dan siswa mereview ringkasan materi sebelumnya : teori kinetik gas melalui diskusi (tanya jawab).
2. Guru menyampaikan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan tujuan yang ingin dicapai serta materi yang akan dibahas.
3.  Guru memberikan pendahuluan/apersepsi materi Termodinamika.

B. Kegiatan Inti
1.         Guru mendemonstrasikan mengarahkan siswa untuk mengamati  usaha, kalor,
dan energi dalam berdasarkan hukum utama termodinamika melalui demonstrasi
dan diskusi (tanya jawab).
2.         Siswa mendeskkripsikan usaha, kalor, dan energi dalam berdasarkan hukum
utama termodinamika.
3.         Guru mendemonstrasikan mengarahkan siswa untuk mengamati proses gas ideal
berdasarkan grafik tekanan-volume (P-V) melalui demonstrasi dan diskusi (tanya jawab).
4.         Siswa mendeskripsikan proses gas ideal berdasarkan grafik tekanan-volume (P-V)
5.         Guru mendemonstrasikan mengarahkan siswa untuk mengamati prinsip kerja
mesin Carnot melalui demonstrasi dan diskusi (tanya jawab).
6. Siswa mendeskripsikan prinsip kerja mesin Carnot.

C. Kegiatan penutup
1.  Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan berupa ringkasan materi.
2.  Guru memberikan latihan soal (penugasan) kepada siswa berbasis TIK.

Alat/Bahan dan Sumber :
Alat/Bahan :
CD Interaktif, PC (komputer) dan LCD proyektor.
Sumber :
- Kamajaya. 2007. Buku Fisika Kelas XI Semester 2. Jakarta: Grafindo

Penilaian :
Penilaian yang dilakukan meliputi diskusi kelas (tanya jawab), dan uji tertulis.

Diskusi Kelas (Tanya Jawab)
No.
Nama Siswa
Indikator Penilaian
Jumlah
Skor
Nilai
A
B
C
D
1.
X
4
3
3
2
12
75
2.
Y
2
3
3
2
10
62,5
3.







4.







5.








Keterangan Indikator Penilaian:
A : Partisipasi keaktifan bertanya.
B : Partisipasi keaktifan menjawab.
C : Partisipasi keaktifan berdiskusi.
D : Partisipasi keaktifan menyimpulkan hasil diskusi.

Keterangan skor penilaian:
4 : sangat aktif
3 : aktif
2 : cukup aktif
1 : kurang aktif

Uji  Tertulis (Penugasan)

Mengerjakan soal-soal obyektif yang diambil dari Media Pembelajaran berbasis TIK.

Popular Posts