RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/ Semester : XI/2
Pertemuan ke : ke 1
Alokasi waktu : 2 x 45 menit (2 jampel)
Standar Kompetensi : 3. Menerapkan
konsep termodinamika dalam mesin kalor
Kompetensi
Dasar : 3.2
Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan
menerapkan hukum
termodinamika
Indikator:
·
Mendeskripsikan usaha, kalor, dan energi dalam
berdasarkan hukum utama termodinamika
·
Menganalisis proses gas ideal berdasarkan grafik
tekanan-volume (P-V)
·
Mendeskripsikan prinsip kerja mesin Carnot
Tujuan
Pembelajaran:
Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat:
·
Mendeskripsikan usaha, kalor, dan energi dalam
berdasarkan hukum utama termodinamika.
·
Menganalisis proses gas ideal berdasarkan grafik
tekanan-volume (P-V)
·
Mendeskripsikan prinsip kerja mesin Carnot
Materi Ajar
(Materi Pokok) : Termodinamika
Metode
Pembelajaran:
1. Ceramah
interaktif
2. Demonstrasi
menggunakan media pembelajaran TIK.
3. Diskusi
(tanya jawab)
Langkah-langkah Pembelajaran:
A. Kegiatan awal
1. Guru dan siswa mereview ringkasan materi
sebelumnya : teori kinetik gas melalui diskusi (tanya jawab).
2. Guru menyampaikan standar kompetensi,
kompetensi dasar, indikator, dan tujuan yang ingin dicapai serta materi yang
akan dibahas.
3. Guru memberikan pendahuluan/apersepsi materi
Termodinamika.
B. Kegiatan Inti
1. Guru
mendemonstrasikan mengarahkan siswa untuk mengamati usaha, kalor,
dan energi dalam berdasarkan
hukum utama termodinamika melalui demonstrasi
dan diskusi
(tanya jawab).
2. Siswa
mendeskkripsikan usaha, kalor, dan energi dalam berdasarkan hukum
utama
termodinamika.
3. Guru
mendemonstrasikan mengarahkan siswa untuk mengamati proses gas ideal
berdasarkan grafik tekanan-volume
(P-V) melalui demonstrasi dan diskusi (tanya jawab).
4. Siswa
mendeskripsikan proses gas ideal berdasarkan grafik tekanan-volume (P-V)
5. Guru
mendemonstrasikan mengarahkan siswa untuk mengamati prinsip kerja
mesin Carnot
melalui demonstrasi dan diskusi (tanya jawab).
6. Siswa mendeskripsikan prinsip kerja mesin Carnot.
C. Kegiatan penutup
1. Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan
berupa ringkasan materi.
2. Guru memberikan latihan soal (penugasan)
kepada siswa berbasis TIK.
Alat/Bahan dan
Sumber :
Alat/Bahan :
CD Interaktif, PC (komputer) dan LCD proyektor.
Sumber :
- Kamajaya. 2007. Buku Fisika Kelas XI Semester 2.
Jakarta: Grafindo
Penilaian :
Penilaian yang dilakukan meliputi diskusi kelas (tanya
jawab), dan uji tertulis.
Diskusi Kelas (Tanya Jawab)
No.
|
Nama Siswa
|
Indikator
Penilaian
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|||
A
|
B
|
C
|
D
|
||||
1.
|
X
|
4
|
3
|
3
|
2
|
12
|
75
|
2.
|
Y
|
2
|
3
|
3
|
2
|
10
|
62,5
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Indikator Penilaian:
A : Partisipasi keaktifan bertanya.
B : Partisipasi keaktifan menjawab.
C : Partisipasi keaktifan berdiskusi.
D : Partisipasi keaktifan menyimpulkan hasil diskusi.
Keterangan skor penilaian:
4 : sangat aktif
3 : aktif
2 : cukup aktif
1 : kurang aktif
Uji Tertulis (Penugasan)
Mengerjakan soal-soal obyektif yang diambil dari Media
Pembelajaran berbasis TIK.