Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X / Genap
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu :
A.
KOMPETENSI INTI (KI)
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, ( Gotong
royong kerja sama, toleran, damai ), santun, responsifdan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai masalah dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosialdan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia .
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis, pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humanioradengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan keberadaban
terkait penyebab fenomena . dan kejadian, serta menerapkan pengetahuaan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri , dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuaan.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1.
Mensyukuri sumber daya sebagai karunia tuhan YME dalam rangka pemenuhan
kebutuhan.
2.2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, kerja keras, sederhana,
mandiri, adil, berani, peduli, dalam melakukan kegiatan ekonomi.
3.5.Mendeskripsikan
bank, lembaga keuangan bukan bank, OJK dan Bank, Otoritas jasa keuangan (OJK)
dan bank sentral.
Indikator :
1. Mengklasifikasikan
lembaga keuangan bukan Bank
2. Kemampuan
dalam diskusi tentang fungsi, tugas wewenang Bank indonesia sebagai Bank
sentral.
4.5.Menyajikan
peran dan produk bank, lembaga keuangan bukan bank, otoritasjasa keuangan (OJK)
dan bank sentral.
Indikator :
1. Mencari
Informasi dan data yang relevan tentang otoritas jasa keuangan (OJK)
2. Mengklasifikasikan
fungsi, tugas, dan wewenang OJK.
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan
kegiatan pembelajaran berdasarkan masalah dan pembelajaran model. Problem based
Learning dalam pembelajaran otoritas jasa keuangan (OJK) ini diharapkan peserta
didik terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan tanggung jawab dalam
menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta
dapat :
1. Mengklasifikasikan
lembaga keuangan bukan Bank
2. Kemampuan
dalam diskusi tentang fungsi, tugas wewenang Bank indonesia sebagai Bank
sentral
3. Mencari
Informasi dan data yang relevan tentang otoritas jasa keuangan (OJK)
4. Mengklasifikasikan
fungsi, tugas, dan wewenang OJK.
D.
MATERI PEMBELAJARAN
Pengertian,
Fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank :
1. Pengertian
Lembaga Keuangan Bukan Bank adalah Badan
usaha yang bergerak di bidang keuangan, yang secara langsung atau tidak
langsung, menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat, Lembaga keuangan
bukan bank tidak diijinkan untuk menghimpun dana dalam bentuk tabungan.
2. Fungsi
Lembaga Keuangan Bukan Bank yaitu mempunyai fungsi di bidang keuangan, Lembaga
ini secara langsung atau tidak langsung menghimpun dana terutama dengan jalan
mengeluarkan kertas berharga dan menyalurkan dalam masyarakat terutama guna
membiayai investasi perusahaan.
Tugas dan Wewenang Bank Indonesia sebagai Bank Sentral
Republik Indonesia :
1. Tugas
Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia adalah :
a. Menetapkan
dan melaksanakan kebijakan moneter.
b. Mengatur
dan menjaga kelancaran sistem pembayaran.
2. Wewenang
Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia yaitu :
1. Menetapkan
sasaran-sasaran moneter dengan memperhatikan sasaran laju inflasi.
2. Melakukan
pengendalian moneter dengan menggunakan cara-cara yang termasuk tetapi tidak
terbatas pada :
a. Operasi
pasar terbuka di pasar uang baik rupiah maupun Valuta Asing,
b. Penetapan
tingkat diskonto,
c. Penetapan
cadangan wajib minimum, dan
d. Pengaturan
kredit atau pembiayaan.
E.
METODE PEMBELAJARAN
a. Pendekatan
Pembelajaran : Pendekatan Saintifik (Scientific)
b. Metode
Pembelajaran : Diskusi Kelompok, Penugasan
c. Model
Pembelajaran : Problem Based Learning (PBL)
F.
MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media : Slide PPT Fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank.
2. Alat
/ Bahan : Peta Konsep, Lembar Kegiatan, Infocus, Laptop.
3. Sumber
Belajar :
·
Alam S. 2013. Ekonomi untuk SMA kelas X.
Jakarta : ESIS the innovative learning.
·
Sudremi, Yuliana. 2007. Pengetahuan
Sosial Ekonomi. Jakarta: Bumi Aksara.
G. LANGKAH – LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
Apersepsi :
A.
Menyiapkan peserta didik secara
psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran; ( Berdoa, Absensi,
Menanyakan peserta didik )
B.
Guru mengajukan
pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah di pelajari dan terkait
dengan materi yang akan di pelajari yaitu Bank Sental dan Otoritas Jasa Keuangan ( OJK )
C.
Guru mengantarkan pesrta didik
kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk mempelajari
suatu materi dan menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan di capai;
dan
D.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta
didik kegiatan pembelajaran model Problem Based Learning ( PBL )
|
15 Menit
|
Kegiatan
Inti
|
A.
Mengamati ( Observing )
Guru menyampaikan slide gambar terkain
dengan jenis-jenis Bank Sentral dan Otoritas Jasa Keuangan yang sering
dijumpai peserta didik
Guru membagikan lembaran kegiatan yang
berissi tugas-tugas yang harus dipelajari oleh tiap-tiap pesrta didik dalam
satu kelompok
Setelah menerima kegiatan yang berisi
permaslahan-permasalahan yang berkaitan dengan konsep materi dan
klasifikasinya, peserta didik mempelajarinya dalam kelompok kecil (4 siswa)
yaitu mendiskusikan masalah tersebut bersama-sama anggota kelompoknya.
B.
Mengasosiasikan ( Associating )
Setelah menerima lembar kegiatan yang
berisi permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan konsep materi dan
klasifikasinya, peserta didik mempelajarinya dalam kelompok kecil ( 4 siswa )
yaitu mendiskusikan masalah tersebut bersama-sama anggota kelompoknya.
C.
Menanya ( Questioning ) dan
Mengumpulkan Informasi
·
Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik
untuk mencari informasi lebih lanjut tentang hal yang berkaitan dengan materi
tayangan atau materi pelajaran
·
2 dari 4 kelompok meninggalkan
kelompoknya dan bertamu kekelompok lain, sementara 2 anggota yang tinggal dalam kelompok bertugas
menyampaikan hasil kerja dan informasi mereka ke tamu.
·
Peserta didik mencari dan
mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan materi dari buku-buku refrensi,
browsing internet, narasumber atau sumber-sumber lain.
D.
Mengkonsumsi hasil (
communicating )
·
Setelah memperoleh dari 2 anggota
yang tinggal, tamu mohon diri dan kembali ke kelompok masing-masing dan
melaporkan temuannya serta mencocokkan dan membahas hasil-hasilkerja mereka.
·
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk menyampaikan / mempersentasikan hasil dari mengumpulkan
informasi.
·
Peserta didik menyampaikan/
mempersentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas dan peserta didik
yang lain mengajukan pertanyaan.
|
100 Menit
|
Penutup
|
A.
Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan
tentang Bank Sentral dan Otoritas Jasa Keuangan
B.
Guru bersama peserta didik melakukan refleksi diri
atas pembelajaran yang di lakukan
C.
Guru memberikan tugas secara individu untuk
mencari sumber atau bahan belajar dari internet atau sumber lainnya yang
berkaitan dengan materi
D.
Guru mengajukan pertanyaan secara lisan untuk
mengetahui kemampuan pengetahuan yang
di peroleh peserta didik.
E.
Guru dan peserta didik melakukan kegiatan refleksi
atas kegiatan pembelajaran yang telah di lakukan
|
20
Menit
|
Soal
Uji Kompetensi :
Jawablah
Pertanyaan ini dengan jelas dan benar !
1. Tuliskan
pengertian Lembaga Keuangan Bukan Bank !
2. Tuliskan
Pengertian Bank Perkreditan Rakyat (BPR) !
3. Sebutkan
tugas-tugas Bank !
4. Tuliskan
Jenis Lembaga Keuangan Bukan Bank !
5. Jelaskan
Fungsi Lembaga keuangan Bukan Bank !
6. Sebutkan
Beberapa Jenis Kredit !
7. Tuliskan
beberapa Jenis Bank !
8. Tuliskan
beberapa Fungsi Bank !
9. Tuliskan
Pengertian Giro !
10. Tuliskan
beberapa Jasa-Jasa Perbankan !
Pembahasan :
1. Lembaga
Keuangan Bukan Bank adalah Badan usaha yang bergerak di bidang keuangan yang
secara langsung atau tidak langsung menghimpun dan menyalurkan dana kepada
masyarakat.
2. Bank
Perkreditan Rakyat (BPR) adalah Bank yang menerima simpanan dari masyarakat
hanya dalam bentuk deposito berjangka, tabungan, atau bentuk lainnya dan
memberikan pinjaman kepada masyarakat.
3. Tugas-tugas
Bank :
4. - Menghimpun dana dari masyarakat.
-
Penyalur dana ke masyarakat.
-
Pelayan masyarakat
4.
Jenis Lembaga Keuangan Bukan Bank yaitu :
- Lembaga pembiayaan pembangunan dan lembaga perantara penerbitan serta
perdagangan surat berharga.
-
Asuransi
-
Leasing (Sewa guna usaha)
5. Fungsi
Lembaga Keuangan Bukan Bank adalah Mempunyai fungsi di bidang keuangan lembaga
ini secara langsung atau tidak langsung menghimpun dana teruta dengan jalan
mengeluarkan kertas berharga dan menyalurkan dalam masyarakat terutama guna
membiayai perusahaan.
6. Beberapa
Jenis Kredit:
-
Jenis kredit berdasarkan sumber kredit
-
Jenis kredit berdasarkan tujuan penggunaan
-
Jenis kredit berdasarkan ada tidaknya jaminan
-
Jenis kredit berdasarkan jangka waktu pemberian kredit
7. Beberapa
Jenis Bank :
-
Bank Sentral
-
Bank Umum
-
Bank Syariah
-
Bank Perkreditan Rakyat(BPR)
8. Fungsi
Bank :
Sebagai
lembaga perantara keuangan (financial intermediary).
9. Giro
adalah Simpanan atau tabungan dari nasabah di bank yang dapat digunakan sebagai
alat pembayaran.
10. Jasa-jasa
perbankan :
-
Jual beli Valuta Asing
-
Jasa penyimpanan
-
Pengiriman atau transfer uang
-
Pemberian jaminan
-
Kartu kredit
-
Cek perjalanan
-
Inkaso
-
ATM
-
Kartu debit
Medan, 04 Februari 2016
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
(……………………) (…………………………..)
G. LANGKAH – LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
Apersepsi :
E.
Menyiapkan peserta didik secara
psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran; ( Berdoa, Absensi, Menanyakan
peserta didik )
F.
Guru mengajukan
pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah di pelajari dan terkait
dengan materi yang akan di pelajari yaitu Bank Sental dan Otoritas Jasa Keuangan ( OJK )
G.
Guru mengantarkan pesrta didik
kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk mempelajari
suatu materi dan menjelaskan tujuan pembelajaran atau KD yang akan di capai;
dan
H.
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta
didik kegiatan pembelajaran model Problem Based Learning ( PBL )
|
15 Menit
|
Kegiatan
Inti
|
E.
Mengamati ( Observing )
Guru menyampaikan slide gambar terkain
dengan jenis-jenis Bank Sentral dan Otoritas Jasa Keuangan yang sering
dijumpai peserta didik
Guru membagikan lembaran kegiatan yang
berissi tugas-tugas yang harus dipelajari oleh tiap-tiap pesrta didik dalam
satu kelompok
Setelah menerima kegiatan yang berisi
permaslahan-permasalahan yang berkaitan dengan konsep materi dan
klasifikasinya, peserta didik mempelajarinya dalam kelompok kecil (4 siswa)
yaitu mendiskusikan masalah tersebut bersama-sama anggota kelompoknya.
F.
Mengasosiasikan ( Associating )
Setelah menerima lembar kegiatan yang
berisi permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan konsep materi dan
klasifikasinya, peserta didik mempelajarinya dalam kelompok kecil ( 4 siswa )
yaitu mendiskusikan masalah tersebut bersama-sama anggota kelompoknya.
G.
Menanya ( Questioning ) dan
Mengumpulkan Informasi
·
Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik
untuk mencari informasi lebih lanjut tentang hal yang berkaitan dengan materi
tayangan atau materi pelajaran
·
2 dari 4 kelompok meninggalkan
kelompoknya dan bertamu kekelompok lain, sementara 2 anggota yang tinggal dalam kelompok bertugas
menyampaikan hasil kerja dan informasi mereka ke tamu.
·
Peserta didik mencari dan
mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan materi dari buku-buku refrensi,
browsing internet, narasumber atau sumber-sumber lain.
H.
Mengkonsumsi hasil (
communicating )
·
Setelah memperoleh dari 2 anggota
yang tinggal, tamu mohon diri dan kembali ke kelompok masing-masing dan
melaporkan temuannya serta mencocokkan dan membahas hasil-hasilkerja mereka.
·
Guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk menyampaikan / mempersentsikan hasil dari mengumpulkan
informasi.
·
Peserta didik menyampaikan / mempersentasikan hasil diskusi
kelompoknya di depan kelas dan peserta didik yang lain mengajukan pertanyaan.
|
100 Menit
|
Penutup
|
F.
Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan
tentang Bank Sentral dan Otoritas Jasa Keuangan
G.
Guru bersama peserta didik melakukan refleksi diri
atas pembelajaran yang di lakukan
H.
Guru memberikan tugas secara individu untuk
mencari sumber atau bahan belajar dari internet atau sumber lainnya yang
berkaitan dengan materi
I.
Guru mengajukan pertanyaan secara lisan untuk
mengetahui kemampuan pengetahuan yang
di peroleh peserta didik.
J.
Guru dan peserta didik melakukan kegiatan refleksi
atas kegiatan pembelajaran yang telah di lakukan
|
20
Menit
|
Instrumen
dan Pedoman Penskoran
a.
Lembar
Observasi Sikap Spiritual :
Petunjuk :
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilh tanda
cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta
didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 =
Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = Sering,
apabila sering melalukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
2 = Kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = Tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama
Peserta Didik :
...................................
Kelas :
...................................
Tanggal
Pengamatan : ....................................
No
|
Aspek
Pengamatan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Keterangan
|
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan
sesuatu
|
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan sesuai agama
masing-masing
|
|
|
|
|
|
3
|
Memberi salam sesuai agama
masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
|
|
|
|
|
4
|
Mengucapkan keagungan Tuhan apabila
melihat kebesaranTuhan sesuai agama masing-masing
|
|
|
|
|
|
5
|
Menambah rasa keimanan akan keberadaan
dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
Petunjuk
Penyekoran :
Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali : apabila
memperoleh skor 16-20
Baik : apabila memperoleh skor 11-15
Cukup : apabila memperoleh skor 6-10
Kurang : apabila memperoleh skor 1-5
b.
Lembar Pengamatan Sikap :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : x / Genap
Tahun Pelajaran : 2016/2017
Materi Pokok : Bank sentral dan otoritas jasa
keuangan
Waktu : Proses PBM
Bubuhkan tanda ceklis pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan.
No
|
Nama
Siswa
|
Sikap
|
||||||||
Aktif
|
Bekerjasama
|
Toleran
|
||||||||
|
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
KB : Kurang
Baik
B : Baik
SB : Sangat
Baik
Indikator
Sikap Aktif Dalam Pembelajaran Kegiatan Pelaku Ekonomi
1. Kurang Baik jika menunjukkan sama
sekali tidak ambil bagian dalam pelajaran
2. Baik jika menunjukkan sudah ada
usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum konsisten
3. Sangat baik jika menunjukkan
sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus-menerus dan
konsisten
Indikator
Sikap Bekerja Sama Dalam Kegiatan Kelompok
1.
Kurang
baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok
2.
Baik
jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tapi
masih belum konsisten
3.
Sangat
baik jika menunjukkan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara
terus-menerus dan konsisten
Indikator
Sikap Toleran Terhadap Proses Pemecahan
maslah yang berbeda dan kreatif
1.
Kurang
baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah
yang berbeda kreatif
2.
Baik
jika menunjukkan sudah ada usaha untuk
bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masih belum
konsisten
3.
Sangat
baikjika menunjukkan sudah ada usaha
untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan
kreatif secara terus menerus dan konsisten