RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
MTs
Kelas / Semester :
VII MTs / I
Mata Pelajaran :
Sejarah Kebudayaan Islam
Topik :
Kearifan Nabi Muhammad Wujudkan Kedamaian
Alokasi Waktu :
(2 x 35 menit)
A. Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4. Mencoba,
mengolah dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajarai di seklah dan sumber
lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
1. Menyakini misi dakwah Nabi Muhammad SAW sebagai
rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan dan kemajuan
masyarakat.
2. Merespon keteladanan perjuangan Nabi dan para
sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah.
C. Indikator
1. Menjelaskan kondisimasyarakat Makkah sebelum Islam.
D. Tujuan Pembelajran
Setelah mengamati, menanya, mengekplorasi,
mengasosiasi dan mengkomunikasikan diharapkan peserta didik mampu menjelaskan
pengertian dan kondisi masyarakat Makkah sebelum Islam.
E. Materi
1. Kondisi sosial masyarakat Makkah sebelum Islam.
2. Kondisi ekonomi masyarakat Makkah sebelum Islam.
a. Berdagang
b. Beternak
c. Bertani
3. Kepercayaan masyarakat Makkah sebelum Islam.
F.
Metode Pembelajaran
Direct Instruction (model pengajaran langsung) yang termasuk
ke dalam rumpun model sistem perilaku (the behavior systems family of model).
Direct intruction sebagai intruksi langsung, dikenal juga dengan active
learning mengacu kepada gaya pengajar pendidikan yang mengusung isi pelajaran
kepada peserta didik dengan mengajarkan memberi koreksi, dan meberikan
penguatan secara langsung pula. Model ini depadukan dengan model artikulasi
(membuat / mencari) pasangan yang bertujuan untuk mengetahui daya serap peserta
didik.
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
|
Pendahuluan
|
ü
Guru mengucapkan
salam dan berdoa
ü
Guru memeriksa
kehadiran, kerapian, berpakaian, posisi tempat duduk.
ü
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
|
Inti
|
Mengamati
ü
Dengan dimotivasi
oleh guru mengajukan pertanyaan yang terkait dengan kedudukan / kondisi
masyarakat Makkah sebelum Islam
ü
Guru meminta
peserta didik mengangkat tangan sebelum mengeluarkan pendapat
ü
Guru mengajarkan
bagaimana cara menghargai orang lain berbicara
ü
Guru memberikan
penjelasan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang hasil
pengamatannya.
Mengeksplotasi
ü
Guru diminta
untuk membaca dan menelaah “bukalah wawasanmu”
ü
Guru memberikan
pertanyaan yang terkait dengan materi pembelajaran.
1.
Jelaskan kondisi
sosial masyarakat Mekkah sebelum Islam.
2.
Jelaskan kondisi
ekonomi masyarakat Makkah sebelum Islam.
3.
Jelaskan kepercayaan
masyarakat Makkah sebelum Islam.
4.
Sebutkan 3 berhala
penting yang dipercayai masyarakat Makkah.
5.
Sebutkan pusat
perdagangan di Makkah.
ü
Guru meminta
peserta didik untuk mencari jawaban mencatat dan mengumpulakn jawaban.
|
|
Penutup
|
ü
Sebuelum mengakhiri
pembelajaran, setiap siswa diminta melakukan refleksi dengan menjawab
pertanyaan yang diajukan.
ü
Guru meminta
sebagian peserta didik menyampaikan hasil refleksinya.
ü
Guru menghargai
setiap hasil refleksi peserta didik.
ü
Guru mengajarkan
siswa berdoa sebelum mengakhiri pelajaran.
|
|
H. Sumber Belajar
-
Buku paket
sejarah kebudayaan islam
-
Buku LKS
I.
Media Pembelajaran
- Papan tulis
- Spidol
J.
Penilaian
1.
Jelaskan kondisi
sosial masyarakat Makkah sebelum Islam.
2.
Jelaskan kondisi
ekonomi masyarakat Makkah sebelum Islam.
3.
Jelaskan kepercayaan
masyarakat Makkah sebelum Islam
4.
Jelaskan 3
berhala penting yang dipercayai masyarakat Makkah.
5.
Sebutkan pusat
perdagangan di Makkah.