Thursday, August 04, 2016

8:44:00 PM
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : MTs 
Kelas / Semester       : VII MTs / I
Mata Pelajaran          : Sejarah Kebudayaan Islam
Topik                        : Kearifan Nabi Muhammad Wujudkan Kedamaian
Alokasi Waktu          : (2 x 35 menit)

A.      Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dan berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mencoba, mengolah dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajarai di seklah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar
1.      Menyakini misi dakwah Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.
2.      Merespon keteladanan perjuangan Nabi dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah.

C.       Indikator
1.      Menjelaskan kondisimasyarakat Makkah sebelum Islam.

D.      Tujuan Pembelajran
Setelah mengamati, menanya, mengekplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan diharapkan peserta didik mampu menjelaskan pengertian dan kondisi masyarakat Makkah sebelum Islam.

E.       Materi
1.      Kondisi sosial masyarakat Makkah sebelum Islam.
2.      Kondisi ekonomi masyarakat Makkah sebelum Islam.
a.       Berdagang
b.      Beternak
c.       Bertani
3.      Kepercayaan masyarakat Makkah sebelum Islam.

F.        Metode Pembelajaran
Direct Instruction (model pengajaran langsung) yang termasuk ke dalam rumpun model sistem perilaku (the behavior systems family of model). Direct intruction sebagai intruksi langsung, dikenal juga dengan active learning mengacu kepada gaya pengajar pendidikan yang mengusung isi pelajaran kepada peserta didik dengan mengajarkan memberi koreksi, dan meberikan penguatan secara langsung pula. Model ini depadukan dengan model artikulasi (membuat / mencari) pasangan yang bertujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik.

G.      Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi

Pendahuluan
ü  Guru mengucapkan salam dan berdoa
ü  Guru memeriksa kehadiran, kerapian, berpakaian, posisi tempat duduk.
ü  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

Inti
Mengamati
ü Dengan dimotivasi oleh guru mengajukan pertanyaan yang terkait dengan kedudukan / kondisi masyarakat Makkah sebelum Islam
ü Guru meminta peserta didik mengangkat tangan sebelum mengeluarkan pendapat
ü Guru mengajarkan bagaimana cara menghargai orang lain berbicara
ü Guru memberikan penjelasan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang hasil pengamatannya.

Mengeksplotasi
ü Guru diminta untuk membaca dan menelaah “bukalah wawasanmu”
ü Guru memberikan pertanyaan yang terkait dengan materi pembelajaran.
1.    Jelaskan kondisi sosial masyarakat Mekkah sebelum Islam.
2.    Jelaskan kondisi ekonomi masyarakat Makkah sebelum Islam.
3.    Jelaskan kepercayaan masyarakat Makkah sebelum Islam.
4.    Sebutkan 3 berhala penting yang dipercayai masyarakat Makkah.
5.    Sebutkan pusat perdagangan di Makkah.
ü Guru meminta peserta didik untuk mencari jawaban mencatat dan mengumpulakn jawaban.

Penutup
ü Sebuelum mengakhiri pembelajaran, setiap siswa diminta melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang diajukan.
ü Guru meminta sebagian peserta didik menyampaikan hasil refleksinya.
ü Guru menghargai setiap hasil refleksi peserta didik.
ü Guru mengajarkan siswa berdoa sebelum mengakhiri pelajaran.


H.      Sumber Belajar
-          Buku paket sejarah kebudayaan islam
-          Buku LKS

I.         Media Pembelajaran
-       Papan tulis
-       Spidol

J.         Penilaian
1.            Jelaskan kondisi sosial masyarakat Makkah sebelum Islam.
2.            Jelaskan kondisi ekonomi masyarakat Makkah sebelum Islam.
3.            Jelaskan kepercayaan masyarakat Makkah sebelum Islam
4.            Jelaskan 3 berhala penting yang dipercayai masyarakat Makkah.

5.            Sebutkan pusat perdagangan di Makkah.

Popular Posts